Kurangi Angka Kecelakaan di Mudik 2018, Ini Langkah Pemerintah Kabutan Brebes

Keshetrabbis.org – Menjelang mudik lebaran yang sudah semakin dekat dan banyak pihak yang mulai mempersiapkan kenyamanan dan keamananan bagi para pemudik, salah satunya adalah Pemkab Brebes.

Diketahui dalam pencegahan kecelakaan di Flyover Kretek, Brebes, Pemkab Brebes mulai melakukan langkah antisipasi. Salah satu langkah tersebut adalah dengan
menyiapkan lahan untuk dijadikan jalur penyelamatan di kompleks terminal lama Pagojengan, Paguyangan.

“Ini sifatnya hanya sementara karena untuk menyambut arus mudik dan balik lebaran,” tutur Kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes, Ahmad Syatibi.

Langkah ini juga merupakan salah satu masukan yang sering dikatakan warga selatan untuk segera dibangun jalur penyelamatan. Sejak flyover ini dioperasikan pada Juni 2017, tercatat sudah terjadi kecelakaan sebanyak 20 kali dengan jumlah korban jiwa 24 orang, luka berat 4 orang dan luka ringan 61 orang.

Selain itu, pencegahan angka kecelakaan juga dilakukan Pemkab dengan cara melakukan razia muatan yang dibawa melebihi batas tonase yang diizinkan.

“Razia ini juga menjawab desakan dari warga yang menghendaki agar Pemkab mengevaluasi jalur lalu lintas yang sudah ada. Di mana truk angkutan berat dari wilayah selatan (Banyumas) dilarang melintas di jalur ini karena sering menjadi penyebab kecelakaan,” lanjutnya.

Pihaknya juga sudah berulangkali mengajukan permohonan ke pusat agar mengaktifkan kembali jembatan timbang. Keberadaan jembatan ini sedikit banyak berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan akibat kelebihan muatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *