Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Tegaskan Pelembang Bebas Kabut di Asian Games

Keshetrabbis.org – Menjadi salah satu tempat yang akan digunakan sebagai gelaran Asian Games 2018 sudah pasti Palembang harus benar-banar menjaga kenyamanan dan ketertiban dari Asian Games 2018 termasuk dari serangan kabut.

Terkait dengan serangan kabut di Asian Games 2018, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK, Rafles Brotestes Panjaitan menegaskan jika gelaran Asian Games 2018 akan bebas dari kabut akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Sejauh ini jika pun ada, kebakaran tergolong kecil dan bisa langsung dipadamkan oleh satgas,” tutur Rafles Brotestes.

Demi menghindari ganguan ini, bahkan pemerintah Sumatera Selatan telah bersiaga terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan berkaca dari kejadian hebat pada 2015 yang telah menghanguskan lahan dan hutan sekitar 700.000 hektare di lima kabupaten.

Pada 2018 ditargetkan zero karhutla karena Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Provinsi Sumatera Selatan Iriansyah menuturkan jika penetapan lebih awal itu bukan hanya baik secara internal tapi juga secara eksternal mengingat Sumsel dapat mendahului daerah-daerah lain di Indonesia dalam pengajuan dana anggaran bencana.

“Bukan hanya Sumsel yang masuk rawan karhutla, ada Jambi, Riau, Kalbar, Kalsel dan dua provinsi baru yakni Aceh dan Papua. Semua daerah itu mengajukan permintaan sarana dan prasarana. Jika Sumsel mengajukan lebih dahulu maka dapat diplot duluan,” jelasnya dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *