Mengatasi Macet di Mudik Lebaran 2018, Kemenhub Sarankan Libur Lebih Awal

Keshetrabbis.org – Membahas persiapan mudik 2018 supaya lebih baik dan teratur daripada tahun sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberikan sebuah usul untuk pencegahan macet di mudik lebaran yang akan datang.

Saran baik ini Budi Katakan setelah dirinya selesai mengikuti Forum Infrastruktur India-Indonesia (IIIF) di Jakarta, dalam kesempatan itu Budi Karya Sumadi menyarankan untuk libur bersama Lebaran 2018 bisa dijadwalkan lebih awal sekitar dua atau tiga hari.

Dalam sarannya ini, Budi Karya Sumadi telah lebih dulu berdiskusi dengan Kementerian PAN-RB untuk membuat libur anak-anak bisa dua atau tiga hari lebih awal.

“Kita juga ingin berkoordinasi dengan Kementerian PAN-RB untuk membuat libur anak-anak bisa dua atau tiga hari lebih awal. Sehingga kalau mau pulang [mudik] tidak di H-1 tapi dari H-7 atau H-8 sehingga memberikan relaksasi, atau tekanan [kemacetan] berkurang,” tuturnya Budi.

Lebih lanjut, Budi menurutkan jika salah satu penyebab dari kemacetan saat Lebaran adalah terbatasnya waktu libur yang diberikan pemerintah. Oleh karena itu, para pemudik banyak yang mudik dan balik berdekatan dengan hari H.

Budi juga mengatakan jika pihaknya tidak hanya berdiskusi dengan Kementerian PAN-RB terkait saran ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta kepolisian dan pemangku kepentingan lain juga ikut andil dalam progam baru ini.

“Mudik adalah amanah yang menantang untuk saya, oleh karena itu kami, Kemenhub, mempersiapkan dengan baik,” tegasnya Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *