Menpora Prediksi Timnas Panjat Tebing Bisa Jadi Lumbung Emas Indonesia

Keshetrabbis.org – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memprediksi kesempatan timnas panjat tebing Indonesia di gelaran Asian Games 2018. Menurut Imam Nahrawi timnas panjat tebing Indonesia bisa mendapatkan emas.

Pernyataan baik ini, Imam ungkapkan setelah melakukuan kunjungan ke training center (TC) panjat tebing guna melihat kesiapan cabang olahraga tersebut di Asian Games 2018.

“Saya sangat optimistis sekali melihat persiapan ini. Target panjat tebing di Asian Games dua emas biasanya setelah dua emas itu jadi tiga, siapa tahu selanjutnya ada peningkatan,” tutur Imam Nahrawi.

Beberapa faktor penting diungkap oleh Imam Nahrawi terkait dengan kesempatan besar yang akan diraih timnas panjat tebing Indonesia. Yang pertama adalah karena berkompetisi dikandang sendiri dan yang kedua karena keluarga yang mendukung.

“Ini jadi modal berharga disamping kami lebih awal menggunakan venuenya di Palembang. Lalu kami punya pengalaman beberapa kali jadi juara. Pengalaman itu jadi modal besar serta ditunjang seriusnya pemerintah memenuhi kebutuhan atlet pelatnas dengan baik,” kata dia.

Dalam pergelaran Asian Games 2018, Indonesia menargetkan untuk bisa berada di peringkat 10 besar. Beberapa cabang olahraga yang meliki kesempatan sumbang emas untuk Indonesia antara lain panjat tebing, bulutangkis dan pencak silat.

“Tapi saya akan pantau terus nomor-nomor itu berupa latihannya dan persiapannya seperti apa, training camp dan try out seperti apa. Juni akan kami laporkan lagi kepastian target medali. Apalagi sekarang sudah tidak ada soal klasik yang terjadi di tahun sebelumnya. Pelatnas berjalan baik sekarang tinggal doa dan dukungan warga Indonesia kepada atlet,” tegas Imam.

Terkait prediksi yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga kepada cabang olahraga panjat tebing, diakui Caly Setyawan sebagai pelatih kepala cabang olahraga panjat tebing menuturkan akan mewujudkan hal tersebut.

“Ada dua sesi try out terakhir di luar negeri untuk mengasah kemampuan anak-anak. Di Rusia dan China nanti yang akan kami maksimalkan,”tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *