1.000 Lebih Warga Gorontalo Terpaksa Mengungsi Kerena Banjir

Keshetrabbis.org – Bencana banjir memang tidak ada henti-hentinya mengintai beberapa daerah di Indonesia. Kini banjir akibat meluapnya volume air sungai terjadi di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Akibat banjir ini ada 1.215 warga dari empat desa mengungsi di karenakan rumah mereka terendam banjir.

“Akibat hujan deras selama 2 Jam pada hari Jumat (12/1) sejak pukul 16.00 WITA sehingga sungai meluap dan menimbulkan banjir,” tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Sabtu (13/1/2018).

Bencana banjir ini telah merendam ratusan rumah di empat desa. Menurut kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo keempat desa itu adalah Desa Harapan, Desa Mutiara, Desa Mekarjaya, Desa Mustika. Hujan deras dengan rentan waktu yang lama menjadi penyebab banjir yang merendam rumah warga.

“Desa Mutiara 75 Unit rumah terendam dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 90 cm, Desa Mekarjaya 20 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 60 cm dan 1 Unit jembatan umum rusak, Desa Mustika 25 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 100 cm dan Desa Harapan 350 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 150 cm dan tanggul jebol dengan panjang 20 meter,” jelasnnya Sutopo.

Lebih lanjut, BPBD Kab. Boalemo juga akan berusaha memberikan bantuan kepada warga yang mengungsi berupa makanan. Sampai saat ini banjir diberitahukan mulai mengalami penyurutan.

“BPBD setempat telah memberikan bantuan 115 nasi bungkus kepada warga Desa Mustika. Kondisi terkini banjir mulai berangsur surut,” pungkas Sutopo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *