Warga 9 Kabupaten di Bali Diungsikan Akibat Erupsi Gunung Agung

 

 

 

Keshetrabbis.org – Akibat terjadinya erupsi Gunung Agung sebanyak 29.023 warga di 9 Kabupaten atau Kota di Propinsi Bali. Korban tersebar di 217 titik pengungsian yang terletak di Klungkung, Buleleng sampai Jembrana.

“Untuk data terbaru kami ada sekitar 29.023 jiwa yang saat ini mengungsi. Mereka menyebar di beberapa tempat pengungsian yang disediakan oleh masing-masing Kabupaten atau kota,” ungkap Kepala Bidang Logistik pada Satgas Siaga Darurat Erupsi Gunung Agung, Ni Ketut Puspa Kumari.

Dari jumlah pengungsi tersebut, Ni Ketut mengatakan sekarang ini para pengungsi ada pada 217 tempat titik pengungsian. Antara lain terletak di Karangasem ada 105 titik, Klungkung 31 titik, Buleleng 9 titik, Bangkit 2 titik, Gianyar 8 titik, Denpasar 35 titik, Tabanan 7 titik, Badung 5 titik dan 17 titik di Jembrana.

Dan untuk memenuhi kebutuhan logistik Satgas Siaga Darurat Erupsi Gunung Agung menyalurkan 12 ton beras dalam kesehariannya. Selain itu, sejumlah bantuan berasal dari Kementerian Sosial berwujud minyak, biskuit serta sejumlah makanan siap saji.

“Beras 400 gram dikalkulasi jumlah pengungsi dan 30 ribu pengungsi, jadi 12 ton per hari. Langsung didistribusi ke kecamatan masing-masing. Kemudian di desa-desa dan diteruskan ke posko pengungsian,” katanya.

Sedangkan pasokan logistik akan terpenuhi hingga seminggu. Sekarang ini pasokan yang terdapat di Posko Siaga Darurat Erupsi Gunung Agung 65 ribu ton beras. Dan diperkirakan hanya dapat memenuhi kebutuhan logistik selama sepekan.

“Setiap dua hari kurang dari waktu seminggu itu kita akan ambil lagi dari Bulog di Klungkung. Selanjutnya seperti itu. Tapi kita akan. Elihat kembali jumlah pengungsi yang ada disana,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *