Pemerintah Kota Solo Ajukan Maestro Keroncong Jadi Pahlawan Nasional

 

 

 

Keshetrabbis.org – Pemerintah Kota Solo mengajukan dua nama untuk diusulkan supaya mendapat gelar pahlawan nasional. Dua nama tersebut yakni pejuang Mayor Achmadi dan juga maestro keroncong Gesang Martohartono.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan dua nama tersebut diajukan sebagai pahlawan nasional berkat jasa mereka bagi Kota Solo dan Indonesia dari bidang mereka masing-masing.

“Mereka layak mendapat gelar pahlawan nasional‎,” ungkap FX Hadi Rudyatmo di Solo.

Menurutnya, sang maestro keroncong Gesang patut diajukan mendapat gelar sebagai pahlawan nasional karena nama besar seniman tersebut telah sukses mengangkat nama Solo dan Indonesia berkat karya-karya lagunya yang populer hingga mancanegara.

“Mbah Gesang Martohartono layak mendapatkan gelar pahlawan di bidang seni yang digeluti hingga akhir hayatnya karena beliau merupakan maestro keroncong,” tutur FX Hadi Rudyatmo.

Sedangkan mengenai Mayor Achmadi, dia menjelaskan bila Mayor Achmadi merupakan pejuang yang gigih dalam melawan penjajahan Belanda waktu dulu.

“Mayor Achmadi telah berjuang untuk kemerdekan bangsa Indonesia melalui serangan umum empat hari di Solo,” katanya.

Menurutnya, nama-nama tersebut selanjutnya akan diusulkan pada Kementerian Sosial oleh Pemerintah Kota Solo. Tetapi, sebelum memperoleh gelar pahlawan sebelumnya akan melakukan kajian mengenai layak atau tidaknya dua nama tersebut mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“Kami pun berharap pemerintah bisa menerima usulan nama tokoh yang diusulkan dari Solo untuk mendapatkan gelar pahlawan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *