Sudirman Said Nilai Penangkapan Penyebar Meme Novanto Terlalu Berlebihan

 

 

Keshetrabbis.org – Sudirman Said menanggapi terkait penangkapan serta penetapan sebagai tersangka penyebar meme Ketum Golkar Setya Novanto ketika menjalani perawatan di Rumah Sakit. Menurut Sudirman, hal itu terlalu berlebihan.

“Iyalah, berlebihan. Biarkan masyarakat punya kepercayaan mengekspresikan perasaannya. Itulah esensi demokrasi,” kata Sudirman di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Sudirman menganggap pada era demokrasi seperti sekarang ini merupakan hal yang wajar bila seorang pemimpin memperoleh kritikan. Penyebar meme gambar Novanto, DN dikenai Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 1 UU ITE mengenai Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik serta Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP.

“Demokrasi kan memang memberi tempat pemimpin untuk dikritik ya, jadi kalau yang mengkritik ditangkap, demokrasi apa ini?” ujar Sudirman.

Awalnya polisi tidak menahan DN, tetapi dia sudah ditetapkan sebagai tersangka dari laporan kuasa hukum Novanto atas tuduhan fitnah serta pencemaran nama baik lewat meme.

Kami tidak lakukan penahanan, tapi berdasarkan Pasal 27 ayat 3 ancaman hukuman di bawah 5 tahun. Masih terus dalam pemeriksaan,” ungkap Kasubdit 2 Siber Bareskrim Mabes Polri Kombes Asep Safrudin di gedung Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *