Kenapa Beberapa Hari terakhir Cuaca Begitu Panas? Ini Penjelasan BMKG

 

 

 

Keshetrabbis.org – Beberapa hari belakangan ini banyak keluhan mengenai panasnya cuaca yang terjadi di Indonesia. pada siang hari di Jakarta suhu mencapai 34 derajat Celcius.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cuaca panas tersebut juga dialami oleh masyarakat yang tinggal di kawasan Jawa, Bali, dan juga Nusa Tenggara.

BMKG menjelakan secara singkat bahwa peristiwa cuaca panas dan menyengat tersebut adalah kejadian cuaca alamiah yang kerap terjadi. Keadaan tersebut sering terjadi pada bulan-bulan ketika penghujung musim kemarau.

Dari informasi yang dishare pada jejaring sosial Facebook BMKG pada 18 September 2017, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi cuaca panas tersebut. Yang pertama, yaitu adanya gerak semu matahari yang sekarang ini ada pada sekitar khatulistiwa (sekitar tanggal 22-23 September ada tepat pada garis khatulistiwa). Dan keadaan tersebut menyebabkan radiasi matahari yang optimum sehingga panasnya sangat terik.

Keadaan tersebut dicirikan dengan monitoring suhu tertinggi yang berada pada 34 sampai 37,5 derajat Celcius. Tetapi pada suhu tersebut masih dalam batas normal, dan suhu tertinggi yang sempat terjadi di Indonesia berdasarkan catatan data klimatologis antara 34 sampai 37,5 derajat Celcius.

Kedua, terdapat aliran massa udara dingin dan kering yang berasal dari Australia menuju kawasan Indonesia selatan khatulistiwa, terutama pada sekitar wilayah Jawa, bali sampai Nusa Tenggara. Keadaan tersebut dicirikan dengan terdapat kelembaban udara yang tidak lebih dari 60 persen pada ketinggian 3.000 meter dan 5.000 meter dari permukaan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *